Promosi (pemasaran)
Artikel ini membutuhkan rujukan tambahan agar kualitasnya dapat dipastikan. |
Gaya atau nada penulisan artikel ini tidak mengikuti gaya dan nada penulisan ensiklopedis yang diberlakukan di Wikipedia. |
Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya.[1] Dengan adanya promosi, produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.[1] Selain itu, tujuan promosi adalah untuk meningkatan kesadaran pelanggan terhadap suatu produk atau merek, sehingga menciptakan loyalitas merek.[2]
Tujuan Promosi[sunting | sunting sumber]
Tujuan promosi di antaranya adalah:
- Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
- Untuk mendapatkan kenaikan penjualan (profit/laba)
- Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
- Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
- Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
- Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
- Mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen.[3]
Cara Promosi[sunting | sunting sumber]
Beberapa cara untuk melakukan promosi adalah:
- Melalui E-mail;
- Melalui SMS;
- Melalui pembicaraan;
- Melalui Iklan;
- Melalui Media sosial;
- dan sebagainya.
Contoh promosi antara lain:
- Pasang iklan di tv mengenai produk baru perusahaan X.
- Kirim 5 sms, dapat 10 sms gratis ke semua operator.
- Beli kaos kaki seharga Rp. 30.000,00 dapat 2 kaos kaki gratis.
- Diskon 50% bagi produk tertentu di department store.
- Beli coklat malam hari dapat segelas teh gratis.
Bauran Promosi[sunting | sunting sumber]
Bauran promosi adalah berbagai cara atau upaya dalam mempromosikan suatu produk yang sama agar dapat memperoleh hasil yang maksimal dan memuaskan. Bauran promosi terdiri atas 5 bagian, yaitu:
- Periklanan, merupakan bentuk komunikasi non individu dengan sejumlah biaya menggunakan media tertentu yang dilaksanakan oleh perusahaan, organisasi non laba ataupun individu. Tujuan utama periklanan adalah meningkatkan permintaan atas produk yang ditawarkan.
- Penjualan pribadi, merupakan usaha untuk memperkenalkan suatu produk melalui komunikasi langsung (tatap muka) agar konsumen tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.
- Publisitas hubungan masyarakat, adalah sejumlah informasi tentang seseorang, barang, atau organisasi yang disebarluaskan ke masyarakat melalui media tanpa dipungut biaya.
0 komentar:
Posting Komentar